2 Hal Penting Ketika Memilih Rumah Cluster

Setiap keluarga, tentu membutuhkan tempat hunian untuk sebagai tempat tinggal untuk berlindung dan juga sebagai lokasi istirahat. Oleh karena itu, tentu menjadikan perumahan adalah salah satu alternatif yang menjadi salah satu tempat tinggal populer bagi masyarakat di perkotaan.

Pasalnya, berbagai keamanan serta kenyamanan biasanya dalam berbagai perumahan cluster sudah disajikan, sehingga Andapun tinggal menghuni rumah yang sudah di pilih oleh Anda. Kendati demikian, tentu Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih tempat tinggal Anda. Hal tersebut dikarenakan, agar Anda dan keluarga tidak merasa menyesal ketika memilih lokasi rumah yang Anda idamkan. Oleh karena itu, berikut beberapa tips yang harus Anda perhatikan, ketika memilih rumah:

Lokasi Tempat Tinggal

Hal yang paling penting adalah memilih lokasi tempat tinggal yang hendak Anda jadikan sebagai hunian Anda. Tentu harus ada berbagai pertimbangan, misalnya jarak dari tempat kerja, ataupun akses menuju ke beberapa tempat yang penting seperti mall, pasar, jalan raya, ataupun berbagai lokasi lainnya. Terlebih jika Anda sudah memiliki anak yang bersekolah, juga harus diperhatikan agar anak Anda tidak mengalami kelelahan dalam perjalanan ke sekolah. Namun, jika Anda belum memiliki buah hati, Anda juga harus memperhatikan akses lokasi pendidikan di sekitar lokasi hunian Anda.

Biaya Pembeliaan atau Pembangunan

Selian memilih lokasi yang strategis, hal yang harus Anda perhatikan lainnya adalah biaya pembeliaan ataupun biaya untuk membangun rumah minimalis Anda. Hal ini adalah salah satu yang mesti Anda perhatikan lebih rinci agar Anda merasa tidak menyesal dalam membeli tempat tinggal. Anda bisa menanyakan ke tetangga, ataupun melihat NJOP dari harga pasaran rumah disekitar lokasi tersebut. Selain itu, Anda juga harus memikirkan biaya untuk membeli rumah, misalnya secara cash atau dicicil. Hal yang harus diperhatikan ketika Anda melakukan pembelian rumah dengan sistem credit adalah kemampuan Anda membayar ditambah pengeluaran sehari-hari. Kendati demikian, Anda juga harus menyiapkan berbagai biaya kebutuhan tak terduga, jika terjadi sesuatu hal yang diluar perencanaan.

Jika Anda melakukan pembangunan, hal yang mesti Anda perhatikan adalah dari segi keuangan yang dirinci secara rapih dan teratur untuk total biaya pembangunan hunian Anda. Hal tersebut, tentu tidak berlaku jika Anda memiliki budget lebih sehingga menggunakan pihak kedua (borongan) untuk menyelesaikan rumah impian Anda. Kendati demikian, jika Anda berencana membangun sendiri dengan sistem harian, Anda perlu melakukan pengawasan agar pekerjaan lebih efektif dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *