Ingin Jago Memasak? Pelajari Tips Berikut Ini

Menjadi koki yang handal di dapur rumah sendiri merupakan impian banyak orang. Terlebih bagi Anda yang tinggal bersama dengan keluarga besar yang memiliki beragam jenis makanan kesukaan dengan selera yang berbeda-beda tiap orangnya.

Pada zaman dahulu, apabila seseorang ingin bisa handal memasak, ia akan pergi ‘berguru’ ke ibu atau nenek masing-masing. Namun sekarang, seiring dengan perkembangan zaman yang menjadikan internet sebagai ‘guru’ semua manusia, tidak ada salahnya bila Anda mempelajari tips agar Anda semakin lihai memasak melalui internet pula. Selain karena kemudahan dalam mengakses dan tidak mengharuskan Anda merogoh kocek Anda seperti yang harus terjadi bila Anda belajar memasak melalui buku, mempelajari tips dan trik memasak melalui internet juga memungkinkan Anda untuk belajar cara memasak masakan khas daerah yang jumlahnya tak terbatas. Simak tips agar Anda dapat lihai memasak berikut ini!

  1. Double-check Resep

Ketika Anda membaca resep masakan – baik itu melalui buku resep cetak maupun melalui internet – pastikan Anda membaca dengan seksama dan memeriksa kembali kebenaran resep tersebut setidaknya dua kali. Hal ini penting dilakukan agar Anda terhindar dari kesalahan yang malah menyebabkan masakan Anda gagal total.

  • Membeli Pisau yang Tajam

Pisau yang memiliki mata tajam serta pegangan yang kuat merupakan kunci utama kesuksesan sebuah masakan seseorang. Pisau yang bagus memang selangit harganya, namun, itulah yang Anda jadikan ‘investasi’ atas dapur Anda. Selain memberikan kemudahan Anda dalam memotong daging yang tebal atau sayur serta buah yang agak keras, pisau yang tajam dan memiliki gagang kuat dapat menghemat waktu Anda dalam memasak hingga dua kali lipat. Bayangkan bila Anda harus memotong wortel berpuluh-puluh buah menggunakan pisau yang tumpul… Hii!

  • Tidak Perlu Mengupas Kulit Buah

Terdapat banyak buah yang justru kaya nutrisi di bagian kulitnya seperti buah apel, pir, plum, anggur, ketimun, tomat, dan kiwi. Ketujuh kuliat buah tersebut kaya akan nutrisi yang baik untuk menjaga tubuh Anda agar tetap sehat serta menghindari Anda terjangkit berbagai jenis penyakit. Jadi, pastikan untuk tidak mengupas ketujuh kulit buah tersebut dan mengonsumsinya bersamaan dengan buah. Selain karena alasan nutrisi yang dikandung oleh ketujuh kulit buah tersebut, tidak mengupas kulit buah merupakan penghematan tenaga dan waktu yang sangat berguna di dapur.

  • Langsung Mencuci Peralatan Masak

Walaupun kegiatan mencuci piring, panic, spatula, dan peralatan masak lainnya tidak termasuk kepada kegiatan memasak itu sendiri, tetapi mencuci peralatan masak segera setelah selesai digunakan merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena dapur yang bersih merupakan factor penunjang utama dari keefektifan seseorang dalam memasak. Tentunya Anda tidak akan menganggap dapur yang kotor dengan tumpukan cucian di wastafel yang menumpuk dapat menghasilkan masakan yang enak, bukan?

  • Selalu Sedia Bahan Masak Utama

Tidak terbayangkan betapa frustasinya Anda bila saat proses memasak sudah berjalan setengah jalan namun ternyata Anda kehabisan bahan utama. Bahan utama yang umum digunakan di Indonesia seperti cabai merah, cabai hijau, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, bawang bombai, kecap manis, kecap ikan, santan, dan lain sebagainya. Selalu pastikan bahan-bahan utama tersebut tersedia di lemari dapur yang berdekatan dengan kompor agar proses memasak menjadi mudah dan tidak memakan banyak waktu.

Apabila Anda lebih percaya pada keefektifan belajar langsung kepada yang ahli dibandingkan melalui internet atau membaca buku resep, maka mengikuti kursus masak adalah jawabannya. Pilihlah tempat kursus masak yang memiliki kredibilitas tinggi, dekat dari rumah atau kantor Anda, serta yang tidak mematok harga tidak masuk akal.

Dengan demikian, kitapun bisa memberikan asupan bergizi dan sehat untuk keluarga. Pasalnya, kita bisa menggunakan berbagai bahan yang memiliki khasiat serta jauh dari bahan pengawet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *