Seblak dengan Bahan Istimewa Ini Akan Buat Anda Tak Ingin Berhenti untuk Menyantapnya

Jajanan menjadi santapan yang banyak diburu demi melepaskan rasa ingin makan. Jajanan ini kebanyakan memang bukan makanan yang berat dan tidak terlalu mengenyangkan. Jajanan dari Indonesia sendiri sangatlah banyak jenisnya. Salah satu makanan yang kini sedang populer di berbagai kota di Indonesia adalah seblak. Ya, makanan khas Bandung ini memang banyak disukai para pecinta kuliner sehingga sudah banyak penjual tersebar di berbagai kota.

Makanan asli Bandung ini umumnya terbuat dari kerupuk kuning lalu dimasak dengan cita rasa yang pedas. Padahal sebetulnya seblak adalah nama dari bumbu yang dibuat dari kencur atau di bahasa Sunda disebut cikur. Namun kini tak hanya bisa dibuat dari kerupuk saja, namun makanan Bandung ini bisa dibuat dari banyak bahan lainnya dengan bumbu yang hampir sama mudahnya. Lalu bahan apa saja yang bisa di variasikan? Berikut ini beberapa contohnya:

  • Bahan ceker

Menu ceker setan kini sedang ramai diperbincangkan karena ketika menyantap kaki ayam ini bisa menjadikan mulut serasa mampu menyemburkan api. Selain bisa dibuat berbagai masakan umum, ceker pun mampu dibuat menjadi bahan makanan khas Bandung ini. Caranya pun amat mudah karena Anda hanya perlu menyiapkan bahan ceker, sayap ayam, dengan tambahan bumbu bawang putih, kencur, dan cabe sesuai selera Anda. Jangan lupa tambah bahan gula, garam, daun bawang dan juga minyak serta air.

  • Bahan bakso

Selain ceker dan sayap ayam, Anda bisa membuatnya juga dengan bahan bakso . Untuk rasanya nanti akan sedikit berbeda karena dikolaborasikan dengan sedikit bumbu rendang sehingga akan semakin lezat. Bumbunya tetap mudah mulai dari bakso, toge, garam, gula, air, bawang goreng, merica, cabe dan juga minyak. Untuk takarannya bisa menyesuaikan dengan seberapa jumlah bakso yang Anda pakai untuk membuatnya.

  • Bahan makaroni sosis

Untuk bahan yang satu ini sudah banyak digunakan oleh banyak sekali penjual makanan khas Bandung ini di luar sana. Memang kelihatan sederhana, namun pasti Anda setuju jika rasanya luar biasa sedap. Jika Anda ingin mencoba membuatnya sendiri, maka Anda cukup menyiapkan beberapa bahan seperti kerupuk warna-warni, sosis, makaroni, bawang putih, cabe rawit, telur, garam, lada bubuk dan juga penyedap rasa. Memasaknya pun sama saja dengan proses masak pada umumnya. Sesuaikan tingkat kepedasannya dengan selera sehingga makin nikmat ketika disantap.

  • Bahan fusili daging asap

Makanan khas Bandung dikolaborasi dengan makanan luar negeri mungkin bisa Anda coba. Cobalah memasak fusili dan daging asap seperti halnya ketika Anda memasak makanan Bandung ini. Bahannya mudah mulai dari mie, smoked beef, fusili, kol, bawang merah, bawang putih, kencur, garam, cabe hingga kecap. Seperti biasa, memasaknya juga sama. Santaplah bersama keluarga selagi masih hangat sehingga semakin lezat dan hangat.

Itulah beberapa bahan yang bisa dijadikan alternatif ketika Anda ingin menyantapnya dengan citarasa yang berbeda. Namun jika di kota Anda belum ada penjual seblak, maka Anda bisa membelinya di toko online dan situs belanja online terpercaya. Kini makanan khas Bandung ini sudah banyak tersedia secara instan namun tak merubah dari segi rasa. Harganya pun murah yaitu mulai dari 5 ribu rupiah saja sesuai ukuran. Dengan begitu, Anda tidak perlu keluar rumah demi menyantap makanan khas dari Bandung yang terkenal akan kelezatannya ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *