Beberapa Tempat Wisata Alam Yang Indah dan Eksotik Di Kalimantan Selatan


Pulau Kalimantan bukan hanya terkenal dengan suku Dayaknya yang masih memegang teguh adat istiadat leluhurnya. Akan tetapi di Kalimantan juga banyak sekali objek-objek wisata yang sangat unik dan menarik yang tentunya bisa menjadi daya tarik bagi wiasatan untuk mengunjunginya. Berikut beberapa tempat wisata alam yang indah dan eksotik di Kalimantan Selatan :

1. Bukit Telang

Di Bukit Telang ini anda akan melihat pemandangan yang sungguh menakjubkan berupa hamparan perbukitan yang hijau. Mungkin pemandangan dan panorama bukit ini tidak kalah cantiknya dengan perbukitan savana di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur atau bahkan Selandia Baru. Apalagi bukit Telang ini memiliki lanskap perbukitan yang keren, ditambah dengan cahaya matahari yang sendu di pagi hari mapun sore hari. Sehingga tempat ini sangat cocok dijadikan spot untuk berfoto-foto. Untuk menuju Bukit Telang ini, anda harus melakukan trekking selama 30 menit dengan rute yang menanjak. Walaupun cukup melelehkan, namun semua itu akan terbayar sesamapianya anda disana, karena akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah dan eksotik. Bukit Telang ini berlokasi di desa Martadah, Kecamatan Tambang Ulang, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Sedangkan untuk tiket masuknya gratis, namun anda diharuskan membayar retribusi parkir sebesar Rp.5.000-Rp.10.000.

2. Bukit Matang Kaladan

Buki Matang Kaladan atau yang dikenal dengan sebutan Bukit Lawangan ini sangat cocok dikunjungi, terutama bagi anda yang merupakan pecinta alam dan traveler. Sesampainya di puncak bukit yang berada di Kecamatan Aranio, Banjar ini, anda akan bisa melihat Waduk Riam Kanan dari sudut yang sepenuhnya berbeda. Namun untuk mencapai puncak bukit, anda membutuhkan usaha ekstra keras, karena rute yang ditempuh menanjak dengan lereng bukit yang sangat tajam. Di tempat ini anda bisa menghabiskan waktu sebanyak mungkin, karena disana juga terdapat beberapa spot yang menarik untuk berofoto. Bukit Matang Kaladan ini beralamat di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Untuk masuk ke tempat ini anda tidak perlu mengeluarkan uang alias gratis. Namun anda hanya perlu membayar retribusi parkir saja.

3. Bukit Tabuan/Pasepakan

Bukit Tabuan/Pasepakan ini letaknya berada di tengah Waduk Riam Kanan. Karena letaknya yang sedikit berbeda dengan kebanyakan bukit lainnya di Kalimantan Selatan, maka dibutuhkan waktu dan biaya khusus untuk menuju ke bukit ini. Walaupun demikian, sesampainya disana, anda akan disuguhkan dengan beragam sensasii kehidupan di alam terbuka, mulai dari panorama alam waduk ternama di Kalimantan Selatan itu, hingga pemandangan indah yang terkai dengan landskap Riam Kanan. Selain itu, disana juga anda bisa berkemah serta menghabiskan waktu di tengah alam terbuka. Dan untuk menuju puncak bukit, anda harus melakukan trekking kurang lebih 1 jam. Bukit Tabuan/Pasepakan ini berlokasi di Sungai Anaru, Desa Tiwingan Baru, Kecamatan Aranio, Riam Kanan, Banjar, Kalimantan Selatan. Dan untuk menuju kesana, dari Waduk Riam Kanan anda harus menyebrang menggunakan kapal klotok dengan biaya kurang lebih Rp.500.000.

4. Air Terjun Mandin Damar

Air Terjun Mandin Damar ini bisa dibilang sebagai surga yang tersembunyi di Kalimantan Selatan. Air terjun ini tempatnya sangat tersembunyi, yakni berada di tengah hutan belantara Kalimantan Selatan. Tempatnya yang terpencil sehingga akses menuju ke tempat ini tidaklah mudah. Namun sesampainya disana anda akan menikmati keindahan alam yang sangat menakjubkan. Tempat wisata ini berada di Desa Gunung Raya, Kecamatan Mentewe, Kabupaten Tanahbumbu, Kalimantan Selatan. 

Keren-keren kan? Nah, supaya tidak penasaran anda bisa langsung mengunjungi beberapa tempat wisata alam yang indah dan eksotik diatas. untuk mencari informasi harga transportasi ke Kalimantan Selatan, anda hanya tinggal buka aplikasi tiket seperti di situs online seperti Misteraladin.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *