Cara Cerdas Menghadapi Krisis Keuangan di Tanggal Tua

pinjaman online

Momok keuangan yang menipis di tanggal tua, mungkin dialami oleh sebagian besar orang. Bisa jadi karena terlalu boros di awal bulan, bisa jadi karena kurang cermat mengatur uang, atau bisa jadi juga karena lagi banyak-banyaknya kebutuhan di bulan terkait. Kalau kamu, termasuk yang mana, nih?

Tenang, nggak perlu panik atau buru-buru kepikiran pinjam uang untuk cover kebutuhan hingga hari gajian lagi. Yuk, hadapi krisis keuangan di tanggal tua dengan empat cara cerdas berikut ini.

Manfaatkan berbagai promo kartu kredit atau kredit online untuk kebutuhan primer

Di tanggal tua, kartu kredit atau fasilitas kredit online seperti yang ditawarkan Kredivo, bisa jadi jalan kamu untuk semakin menghemat berbagai pengeluaran, terutama yang terkait dengan kebutuhan primer. Misalnya, bahan makanan, pulsa, listrik, dan sejenisnya. Sebab, kartu kredit ataupun kredit online, kerap bekerja sama dengan berbagai marketplace atau e-commerce untuk menjalankan jenis promo cashback untuk kebutuhan tersebut di tanggal-tanggal tua. Lumayan, kan, isi token listrik atau belanja bahan makanan, bisa dapet cashback di akun e-commerce kamu? Nah, sisa cashbacknya bisa dimanfaatkan untuk beli kebutuhan lain. Jadi, kamu nggak perlu keluar uang double, nih.

Kalau nggak punya kartu kredit, kamu bisa daftar kredit online Kredivo sekarang juga. Selain proses approvalnya cuma 1 x 24 jam, daftar Kredivo juga dilakukan secara online. Bisa dari mana saja. Yang perlu kamu lakukan hanya download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, kemudian daftar. Kredivo menyediakan tiga layanan kredit bagi pengguna yang terdaftar sebagai akun Premium: transaksi bayar dalam 30 hari, cicilan barang s.d 12 bulan, hingga pinjaman tunai. Dengan suku bunga rendah, hanya 2,95% per bulan, Kredivo juga menawarkan opsi tenor yang beragam, untuk cicilan mulai dari 3, 6, hingga 12 bulan, dan untuk pinjaman, mulai 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan. 

Serupa dengan kartu kredit, kamu dapat memanfaatkan layanan “Bayar dalam 30 hari” yang disediakan Kredivo. Layanan ini tidak dikenakan uang muka ataupun bunga sama sekali. Kamu tinggal belanja di merchant rekanan Kredivo seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, JD.id, Blibli, dsb, lalu pilih Kredivo saat pembayaran. Untuk pengguna yang pertama kali pakai Kredivo, banyak voucher diskon khusus yang bisa kamu dapat juga lho!

Kurangi jajan dan mulai bawa bekal

Kadang-kadang, pemborosan nggak selalu disadari atau terlihat dari pengeluaran uang yang jumlahnya besar aja. Pengeluaran kecil-kecil tapi sering juga bisa jadi celah pemborosan. Misal, setiap hari, kamu beli kopi susu di kedai kopi dekat kantor sebanyak dua kali: pagi dan sore. Sehingga kalau ditotal, jumlahnya bisa mencapai 30 ribu sehari untuk kopi susu aja. Belum termasuk makan siang dan jajan cemilan lain. Nah, mau nggak mau, di tanggal tua, kebiasaan jajan dan minum kopi ini perlu dipangkas sementara kalau mau hidup aman sampai hari gajian bulan berikutnya. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membawa bekal sendiri dari rumah. Ini bisa bantu kamu lebih hemat sekaligus sehat. Sekalian kan, kalau masak untuk bekal ke kantor, bisa juga disisihkan untuk makan malam saat pulang.

Tolak tawaran hangout atau bepergian sementara

Hangout setelah jam kerja atau saat akhir pekan, memang penting untuk melepat penat dan stres setelah bekerja. Tapi, nggak bisa dipungkiri kalau hal tersebut jugalah yang memakan anggaran keuangan cukup besar. Sekali hangout seperti nonton film dibioskop saja, mungkin minimal kamu keluar uang Rp150.000. Begitu juga saat ngopi atau nongkrong di kafe setelah jam kerja, keluar uang Rp200.000 jadi nggak berasa. Jika terlalu banyak kebutuhan tak terduga di luar daripada yang direncanakan, mau tidak mau, bujet untuk hangout dan aktivitas hiburan lain perlu kamu pangkas segera. Bujet ini akan menyelamatkan hidupmu dari arus keuangan yang berantakan. Nggak apa-apa berkorban di bulan ini, yang penting di bulan depan, keuangan bisa kembali stabil seperti semula. 

Catat pengeluaran tak terduga dan cari solusinya agar krisis keuangan tak terulang di bulan berikutnya

Setelah tau cara mengakali krisis keuangan di tanggal tua, sekarang waktunya kamu mempelajari pola krisis tersebut, agar tidak terulang di bulan berikutnya. Apa yang menjadi penyebab dari krisis keuangan di bulan tersebut? Apakah pengeluaran tak terduga? Apakah terlalu boros untuk jajan dan makanan? Gaya hidup meningkat lebih dari biasanya? Nah, setiap penyebab, punya solusinya masing-masing. 

Misalnya, jika ada pengeluaran tak terduga di luar daripada rencana keuangan, maka artinya kamu perlu fokus menabung untuk dana darurat. Jika terlalu boros untuk jajan dan makanan, maka waktunya kamu untuk lebih disiplin pada anggaran keuangan yang sudah dibuat. Sementara untuk kebutuhan dan gaya hidup yang meningkat, mungkin sekarang saatnya bagi kamu mencari tambahan sumber penghasilan lain seperti kerja sampingan (freelance) atau berbisnis. 🙂


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *